Skip to content

“Boot Loader” atau “Grub” Terhapus

November 14, 2013

images (1)Saya memiliki laptop dengan tiga Operasi Sistem didalamnya. Windows 7 Ultimate, Win 7 Professional dan Linux Ubuntu. Karena menurut saya itu merupakan sebuah pemborosan, maka saya ingin memformat hardisk dan ingin uninstall salah satu Win7 yang ada serta mengupgrade Linux Ubuntu.

Berawal dari iseng dan ketidak tahuan ingin mempartisi hardisk, saya delet partisi hardisk yang berisi salah satu Win 7, kemudian saya format disk partisi untuk Linux Ubuntu. Setelah itu saya lihat masih ada beberapa partisi yang saya tidak kenal. Karena saya rasa itu gak penting maka saya format disk partisi tersebut. Kemudian saya restart windows saya karena ingin instal Linux UBuntu kembali.

Namun apa yang terjadi, alhasil saya tidak bisa login ke OS Win 7 yang merupakan satu satunya OS yang tersisa di laptop…Bingung…Pusing..hikss karena kebodohan saya ini…

Akhirnya saya cari bagaimana mengatasi hal ini lewat perantara si om google dan akhirnya terselesaikan..ahaaaayyyyy…Berikut hal yang saya lakukan untuk mengatasi bootloader yang terhapus atau eror..

  1. Siapkan CD Live Windows 7 (Karena yang tersisa windows 7 di laptop saya).
  2. Saya restart Laptop saya.
  3. Saya masuk ke booting lalu boot ke CD.
  4. Setal muncul jendela instaler windows, saya tidak meng-kli Instal Now, tetapi saya klik pilihan “Repair your computer”.
  5. Lalu muncul beberapa pilihan, saya pilih Command Prompt.
  6. Lalu dalam cmd saya ketikan perintah.  bootrec.exe/ fixmbr , tekan enter, ketik lagi bootrec.exe/ fixboot dan tekan enter, kemudian ketik lagi bootrec.exe/ RebuilBcd dan tekan enter. 
  7. Kemudian saya restart kembali laptop saya.

Dan ternyata setelah saya melakukan hal diatas, JEBREETTTTTT…laptop saya tetap tidak mau login ke Win 7 . namun sekarang muncul kalimat “Windows 7 bootmgr is missing”.

image15

Oh no..Apalagi ini…akhirnya tanpa basa basi saya luncurkan kembali smartphone saya untuk berselancar di samudera google untuk mencari solusi bootmgr is missing…Dan ahhhaaaaayyyyyyyyyy ketemu dan langsung saya praktekan..Berikut yang saya lakukan :

  1. Saya masukkan kembali CD installer Win 7.
  2. Setelah jendela instaler windows muncul saya pilih kembali pilihan “Repair your computer”.
  3. Lalu saya pilih Command Prompt.
  4. Saya ketikan , Bootrec.exe.
  5. Setelah itu, saya restart komputer.

Dan hasilnya , laptop saya berhasil kembali login Win 7 yang merupak satu-satunya OS yang tersisa di laptop…Akhirnya saya kembali senang dan berteriak…Lansjutttt…..

source : http://answers.microsoft.com/en-us/windows/forum/windows_7-system/windows-7-bootmgr-is-missing-resolved-using-winre/8bb148bc-8035-4847-9696-888f7a0a9720

Advertisements
Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: