Skip to content

Materi 8-Renderasi Animasi

May 26, 2011

Next pada materi kalo ini kita akan membuat sebuah meja pingpong beserta net dan bola pingpongnya…
Penasaran???
Langsung saja kita ikuti tutornya…

1. Buka aplikasi 3ds max kita

2. buat sebuah box pada top viewport..
klik tab create lalu klik box, seret top viewport

3. ubah satuan unit pada scene kali ini, caranya :
pilih menu customize > unit setup, akan muncul jendela dialog unit setup.
pada jendela unit setup, pilih US Standard lalu pilih Decimal Feet setelah itu klik OK

4. Seleksi Box, ubah nama menjadi meja pingpong.
Masih pada box , klik penel modify, masukan nilai length = 9, width = 5, height = 0.2

5. selanjutnya beri material pada meja pingpong.
buka material editor dengan klik M pada keyboard.
pilih slot material 1 dan beri nama mejapingpong, lalu drag ke box (mejapingpong)
masih pada slot material meja pingpong, buka rollout map> klik none pada diffuse color lalu pilih pooltop.jpg dan klik show in viewport . ( hasilnya material meja belum memenuhi box )
pilih objek meja pingpong, lalu klik tab modify, berikan modifier UVW Map..
pada rollout parameter dari UVW Map, pilih planar, lalu klik bitmap fit dan pilih pooltop.jpg
selanjutnya pada rollout parameter UVW Map ubah juga nilai Length dan Width untuk membuat material menutupi objek meja pingpong.

6. Selanjutnya Klik tab Create pilih sphere, aktifkan auto grid. Drag di viewport perspective..ubah nama sphere menjadi bola pingpong
buat sphere sesuai dengan ukuran bola pingpong yang diinginkan, lalu ganti warna menjadi sesuai keinginanpindahkan bola pingpong tepat diatas meja dengan move tool.

7. Buat kembali sebuah box di top viewport, sesuaikan lebarnya dengan lebar meja pingpong.
klik tab modify, ubaha nama menjadi net dan masukan nilai length = 0.092, width = 5.003, height = 0.688.
masukkan juga nilai length segs =1 , width segs = 30, height segs = 8.

8. buka kembali material editor , lalu pilih slot material kosong dan ubah nama menjadi net.
seret material ke objek net..
pada shader basic parameter, cheklist wireframe dan masukan nilai self illumination menjadi 50.

9. ubah pandangan viewport sesuai selera anda.. lalu render..

10. save pekerjaan anda..

Berikut hasil render..

Tips..
Untuk membuat pinngiran net, bisa dibuar dengan objek silinder, lalu diberi material wiferame …

Advertisements

From → 3 ds max

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: